liburan panjang dan road show undangan nikah

Liburan yang cukup lama di akhir taun 2008 kemarin memang penuh dengan agenda dan kejutan. Dari hasil atur-atur jadwal kerja di kantor dan cuti, alhamdulillah bisa dapat total 8 hari libur dari tanggal 23 – 30 Desember 2008. Dan agenda pun sebenernya sudah disusun dari sebulan sebelumnya yang melibatkan perjalanan tiga kota, yaitu Jakarta, Bandung, dan Solo.

Salah satu acara liburan kemaren adalah roadshow menghadiri undangan pernikahan sahabat tentunya. Sepertinya saat liburan panjang seperti kemaren memang banyak dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk melangsungkan pernikahannya.

Perjalanan pertama dimulai dari kota Bandung pada 23 Desember 2008. Pada hari tersebut salah seorang temen sekelas pada waktu kuliah, Ade Hendraputra mempersuting seorang gadis Sunda sebagai pendamping hidupnya. Saya sudah berjanji untuk datang, karna sebulan sebelumnya pun saya sudah dihubungi oleh Ade yang saat itu masih di Vietnam untuk jadi tukang jepret dan saya menyanggupinya. Partner saya saat itu adalah Didin yang juga menjadi tandem saya di pernikahan Ihsan dulu. Karna bukan pertama kali kita kerja bareng, akhirnya jadi lebih enak buat ngatur posisi agar saling melengkapi.🙂

Pernikahannya sendiri diadakan dalam adat Sunda, yang diawali dengan proses serah terima dari pihak keluarga pengantin pria kepada pihak keluarga pengantin wanita. Prosesi berikutnya adalah acara akad nikah yang diselenggarakan di masjid terdekat. Suasana pagi itu memang begitu syahdu. Ketika prosesi “Saya nikahkan….” dan “Saya terima nikahnya…” dilaksanakan, saat itu pula air hujan yang penuh dengan barokah tumpah dari langit. Semoga menjadi barokah tersendiri bagi pengantin dan yang datang ke acara tersebut. Setelah prosesi akad nikah selesai, resmilah mereka menjadi sepasang suami-istri dan telah lulus dari Universitas Bujang Indonesia. Kemudian pengantin diarak menuju pelaminan, yang disana telah menunggu prosesi sungkeman kepada kedua orang tua yang dilanjutkan dengan sebuah prosesi yang dinamakan “Saweran”. Prosesi Saweran sendiri bisa dibilang cukup “rusuh” karna melibatkan pengantin, keluarga, dan juga para tamu undangan. Pada prosesi-prosesi tersebut banyak moment yang bisa diabadikan dan tidak monoton seperti foto-foto di pelaminan. Sehingga foto-foto yang dihasilkan pun lebih ekspresif dan unik.

Selepas prosesi Saweran tersebut, saya mengundurkan diri dari profesi juru jepret dan berganti sebagai tamu undangan, agar lebih bebas dalam menikmati hidangan yang disediakan.😀

Berikut beberapa skrinsyut di pernikahan Ade :

gaya gunting
masih dengan gaya gunting
siapa pengin
hayooo, pada pengin kan?
laskar bujang dari selatan bandung
laskar bujang dari selatan bandung

Perjalanan berikutnya adalah menghadiri pernikahan yang berada di Solo dan sekitarnya yang menjadi sebuah keuntungan tersendiri  untuk bisa sekalian pulang kampung bertemu orang tua saya dan “orang tua”-nya. Alhamdulilah tiket kereta PP Jakarta-Solo sudah saya dapatkan jauh hari berkat bantuan calo tiket yang merangkap seorang pegawai sebuah bank di Jakarta. Jadi liburan ke Solo pun tidak perlu diisi dengan keresahan karna kesulitan mendapat tiket balik. *Thanks a lot Jee*

Salah satu undangan pernikahan di Solo datang dari Awan Suryo Nugroho, seorang sahabat semasa kuliah yang juga sekaligus teman satu laboratorium yang sempet menjadi tempat tinggal saya selama 2 tahun, yaitu Laboratorium Jaringan Akses. Kebetulan juga, sudah lama sekali saya tidak bertemu dengannya semenjak Awan bekerja di Surabaya. Jadilah, pernikan tersebut sebagai ajang reunian juga selain memang sudah janjian buat ketemuan dengan beberapa temen Lab dan juga dengan *ehm..ehm..* salah seorang temen SMA. Dalam balutan busana adat Jawa dan alunan gamelan, suasana pernikahan tanggal 26 Desember 2008 malam itu menjadi sangat indah. Saya pun terbawa suasana hikmat ketika mengikuti setiap prosesi pernikahan adat Jawa tersebut yang banyak mengandung ajaran dan filosofi.

Berikut foto-fotonya :

kugenggam tanganmu, berdua mendayun cinta
kugenggam tanganmu, berdua mendayung cinta
barakallah buat Awan-Dewi
barakallah buat Awan-Dewi

Sehari setelahnya, sebenernya ada undangan nikah di Semarang dari Adhy Perdana, temen sekelas waktu kuliah dulu. Meski sudah diniatkan untuk datang, tapi akhirnya gagal juga rencana jalan-jalan ke Semarang karna telat bangun. Acaranya sendiri dimulai jam 11.30, dan saya baru bangun tidur jam 10.30. Padahal perjalanan dari Solo Gemolong – Semarang kurang lebih menghabiskan waktu 2 jam. Akhirnya, hanya bisa mengirimkan doa saja tanpa bisa menghadirinya. *Sorry buat Adhy, ga jadi datang*

Rangkaian perjalanan untuk menghadiri undangan nikah, diakhiri pada tanggal 28 Desember 2008 di pernikahan Adnan Ashari, salah seorang sahabat semasa duduk di bangku SMA dulu. Dan sekali lagi, ini jadi ajang reunian bagi saya dan sahabat-sahabat SMA. Ditambah lagi, dapet amanah jadi juru foto bareng Oemank – sahabat saya yang tinggal di Jogja. Prosesinya pun tidak terlalu rumit, berhubung acara tesebut adalah acara ‘ngunduh’ di pihak keluarga pengantin pria. Tapi tetap tidak mengurangi suasana khidmat acara tersebut. Terlebih ketika acara tauziyah, materi yang disampaikan pun sangat mengena di hati dan insya Allah sangat bermanfaat.

Beberapa skrinsyut dari pernikahan Adnan – Lulu :

Adnan - Lulu
Adnan - Lulu
ini lho kalo nikah
ini lho kalo nikah

Demikianlah kiranya sebagian besar acara yang saya habiskan di liburan panjang akhir taun 2008 kemaren. Buat semua pengantin, saya ucapkan “Barakallah wa baraaka alaika wa jama’a bainakuma fie khair”, Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

Who’s next ??

p.s :
Dilarang mempertanyakan tentang 2 hal :

  • Koq jadi tukang foto terus, kapan difotonya ?
  • Koq jadi tamu undangan terus, kapan ngundangnya?

Percayalah kawan, semua itu ada waktunya sendiri😀


8 thoughts on “liburan panjang dan road show undangan nikah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s