bukber dan deklarasi Veteran HMIF

bukber-veteran HMIF
bukber-veteran HMIF

Sabtu kemaren, 20 September 2008 bertempat di Republik Kuliner Jalan Merdeka Bandung, berpuluh mahasiswa dan mantan mahasiswa yang tergabung dalam Veteran HMIF berkumpul untuk mengadakan buka bersama. Veteran HMIF sendiri adalah paguyuban yang didirikan untuk mewadahi siapa saja yang pernah menjabat dan mendapat amanah sebagai Pengurus HMIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) STT Telkom a.k.a IT Telkom dari kepengurusan tahun pertama hingga kepengurusan yang sedang berjalan sekarang. Saya sendiri pernah memegang amanah di HMIF pada masa kepengurusan tahun 2004-2005 dan 2005-2006.

Ide mengadakan buka bersama ini sebenernya bermula dari obrolan singkat di forum Veteran HMIF yang numpang di forum students. Bermula ketika dua orang duet kurus yang memancing adanya gathering untuk ajang pencarian jodoh buka bersama Veteran HMIF semua angkatan. Dalam waktu yang relatif singkat ajakan gathering tersebut mendapat sambutan yang cukup antusias dari rekan-rekan Veteran HMIF. Terbukti dari aksi saling balas membalas di forum. Bahkan rencana buka bersama yang semula direncanakan tanggal 13 September 2008 pun harus diubah ke tanggal 20 September 2008 karna saya ada banyak Veteran yang tidak bisa ikut jika dilaksanakan tanggal 13 September 2008. Dengan mempertimbangkan usulan dari berbagai pihak akhirnya buka bersama diundur seminggu dari jadwal semula, dengan konsekuensi acara harus dipersiapkan dengan lebih matang dan terorganisir. Dengan adanya tambahan tenggang waktu ini, akhirnya panitia bisa memanfaatkan untuk mencari donasi ke beberapa Veteran yang sudah mapan (kerja -red) agar pada hari H peserta buka bersama tidak dikenakan biaya.

Alhamdulillah, saya sebagai senior cukup memberikan komando kepada duet kurus™ untuk mempersiapkan segalanya, mulai dari tempat, acara, bahkan pencarian donasi. Sehari sebelum pelaksanaan terbentuklah panitia dadakan hasil penunjukan sepihak oleh Senior™ kepada Junior™ yang list selengkapnya bisa dilihat di sini pada saat conference di YM. Total donasi yang berhasil dikumpulkan sekitar 1,5 juta rupiah, yang jika dikalkulasi akan bisa membebaskan beberapa orang dari tagihan billing pada saat buka bersama.

Bahagia sekali rasanya, acara yang terbilang mendadak ini ternyata mendapat antusiasme yang cukup tinggi dari rekan-rekan Veteran HMIF. Pada hari-H sekitar 80% dari yang sudah konfirm bisa datang ke acara buka bersama. Dan di sana pun berkumpul Veteran HMIF dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan 1999 sampai angkatan 2007 yang sangat bermanfaat sekali untuk menjalin silaturahim demi kepentingan bersama.

Acaranya sendiri baru dimulai sesaat menjelang buka puasa, jadi ketika acara baru dibuka adzan Maghrib sudah terdengar indah mengalun di hati hamba-hambaNya yang sedang berpuasa. Setelah sholat maghrib acara langsung dilanjutkan dengan santap malam dengan menu ala Jepang hasil pilihan panitia. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan yang dimulai dari paling tua Senior™. Pada saat acara perkenalan tersebut, kebetulan Kang Ahmad (IF 1999) masih terjebak kemacetan, jadilah saya yang mendapat giliran perkenalan pertama karena satu-satunya angkatan 2002 yang hadir saat itu***i’ve been trapped.

Veteran narsis
Veteran narsis
Veteran narsis
Veteran narsis
Veteran narsis terus
Veteran narsis terus
Veteran fotogenik
Veteran fotogenik

Acara terakhir adalah pendeklarasian Paguyuban Veteran HMIF. Dengan kebanggaan dan kecintaan kepada HMIF, akhirnya hari Sabtu tanggal Dua Puluh September Dua Ribu Delapan (20 09 2008) bertempat di Republik Kuliner Bandung, Paguyuban Veteran HMIF resmi dibentuk. Haru dan juga bangga menyelimuti benak saya, alhamdulillah sedikit hal yang dilakukan para pendahulu dan secara konsisten diteruskan, bisa membuahkan hasilnya sekarang. Dan satu hal yang akhirnya membuat saya merinding adalah ketika yel-yel kebanggaan HMIF diteriakkan di tempat umum dan rame seperti itu.

HMIF…..reach the top
What will you be?…..be the best
What will youuuu be?….be the best of the best

Put in the black box…
if INF then FORMAT do TIKA write “INFORMATIKA THE BEST” yeaahhh

Dan seketika itu pula, banyak orang yang kebetulan berada satu tempat dengan kita pada melihat ke arah kita, dan akhirnya memberikan applause-nya setelah yel-yel tersebut diteriakkan. Acara pendeklarasian itu sendiri adalah acara penutup untuk hari itu. Setelahnya para veteran kembali ke peraduannya masing-masing. Alhamdulillah, alokasi dana yang semula hanya cukup untuk subsidi bertingkat (minjem istilah Aji) ternyata cukup untuk membayar semua keperluan malam itu. Thanks for donation !!!

Tapi ternyata setelah sampai di tempat parkir, kegaduhan dan kehebohan pun belum berakhir. Secara terorganisir para Veteran HMIF membentuk barisan berundak untuk foto bareng. Memang, sifat fotogenik ini tetap tidak berubah dari berbagai generasi. Setelah beberapa puluh kali jepret akhirnya dengan ikhlas para Veteran HMIF membubarkan diri. Namun, entah atas inisiatif siapa lagi, tiba-tiba yel-yel berkumandang di tempat parkir dengan sangat riuh dan membahana. Dan secara spontan, siapapun yang pernah menjadi Pengurus HMIF STT Telkom a.k.a IT Telkom pasti akan menjawab yel-yel tersebut dengan mengepalkan tangan diatas ***I really love this moment.

Veteran HMIF
Veteran HMIF
teteup..narsis
teteup..narsis
saya paling cakep nih
saya paling cakep nih

Setelah acara foto-foto ini, akhirnya para veteran benar-benar bisa membubarkan diri dengan bahagia. Namun saya, duet kurus™, dan Kang Ahmad melanjutkan obrolan di tempat berbeda. Akhirnya kami berempat memilih “Ngopi Doeloe” yang letaknya tidak jauh dari Republik Kuliner sebagai tempat persinggahan selanjutnya untuk melanjutkan obrolan yang belum selesai. Tidak disangka, di sana malah bertemu dengan Anjar yang juga Veteran HMIF bersama calon istrinya. Setelah beberapa saat, datang lagi Ary dan Eva yang terjebak dalam obrolan para Senior™.

Dengan ditemani kopi dengan berbagai campuran, kami berdelapan berdiskusi tentang banyak hal tentang Veteran HMIF dan rencana ke depan. Kang Ahmad pun dengan senang hati bercerita tentang forum-forum alumni yang sudah ada dan resmi terbentuk dan tentang seluk-beluk kegiatan di dalamnya. Harapannya Veteran HMIF yang baru saja dideklarasikan bisa link dan match serta berkonstribusi positif dengan forum alumni yang sudah resmi terbentuk dan diakui.

Pendeklarasian Veteran HMIF malam itu memang hanyalah satu titik awal. Di depan masih banyak hal yang masih perlu dibenahi dan dirumuskan bersama agar paguyuban yang terbentuk dapat memberikan arti positif untuk semua hal.

Acara ngobrol asyik pun berakhir setelah malam semakin larut, dan masing-masing dari kami harus kembali ke tempat masing-masing. Thanks buat Kang Ahmad atas traktirannya.

Ngopi Doeloe
Ngopi Doeloe
obrolan santai
obrolan santai
santai
santai

Cerita yang lain :

Foto-foto ada di :


5 thoughts on “bukber dan deklarasi Veteran HMIF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s