nambah koleksi buku

Sudah lama banget rasanya saya tidak menambah koleksi buku-buku yang ada di kamar sejak terakhir kambuh di Bandung itu. Kalaupun harus keluar hunting buku, saya belum menemukan tempat yang cocok sebagaimana ketika dulu di Bandung. Satu-satunya cara adalah beli buku secara online.

Kalau dulu saya membelinya di kutukutubuku, kali ini saya coba membelinya dari bukukita. Setelah beberapa hari ngobrak-abrik bukukita akhhirnya saya memutuskan membeli buku berikut ini :

Buku Kita

Cukup 4 buku saja, karna dengan jumlah segitu saja cukup menguras persediaan uang yang ada di dalam dompet. Terbukti dalam tempo waktu beberapa hari berikutnya, total dana sebesar Rp 202.550,- atau setara dengan biaya 4 kali bolak-balik Jakarta Bandung, harus terpaksa keluar dari brankas saya. Dan benar saja, untuk urusan satu ini, memang tidak bisa menahan godaan.

Buku 1 : Miracle In The Andes : 72 Hari Tanpa Makanan Dan Perjalanan Pulang Yang Panjang
Buku karangan Nando Parrado ini sebenernya memang salah satu buku yang ada di wishlist saya. Bercerita tentang kisah nyata perjuangan tim Rugby Uruguay untuk bertahan hidup di bekunya Pegunungan Andes. Dalam perjalanan ke Argentina untuk pertandingan persahabatan, Nando Parrado dan tim yang semuanya berjumlah 45 orang mengalami kecelakaan pesawat. Beberapa diantaranya mati, dan hanya tersisa 32 orang saja. Dan pada akhir perjalanan selama 72 hari untuk mempertahankan kehidupan, hanya tersisa 16 orang saja. Mereka bertahan hidup dengan cara memakan bangkai rekan mereka yang sudah mati dan beku. Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari buku ini, salah satunya adalah kegigihan dan cinta ternyata bisa membuat sebuah keajaiban menjadi hal yan tidak mustahil. Kisah perjalanan tersebut selain di-buku-kan dengan judul “Miracle In The Andes” juga diabadikan dalam sebuah film yang berjudul “Alive“. Baik buku maupun film, keduanya sangat saya rekomendasikan untuk menjadi tontonan dan bacaan yang bisa memberikan banyak hikmah dan pelajaran

Buku 2 : 168 Jam Dalam Sandera
Siapapun pasti masih teringat kejadian penyanderaan reporter dan kameramen Metro TV di Irak beberapa tahun yang lalu. Dan buku inilah mengisahkan semua kejadian selama 168 jam menjadi tawanan di Irak. Ditulis langsung oleh Meutya Hafid setelah melewati serangkaian kejadian yang mengantarkan kepada kepasrahan karena begitu dekatnya dengan kematian. Sebuah buku yang cukup bagus juga untuk dijadikan pembelajaran tentang kehidupan.

Buku 3 : The Gogons James & The Incredible Incidents
Sejak pertama kali membaca karya Tere-Liye, saya menemukan sebuah ciri khas yang memang unik dari cerita yang terangkai di dalamnya. Baik itu dalam “Hafalan Sholat Delisa”, “Moga Bunda Disayang Allah”, “Rembulan Tenggelam di Wajamu”, dan juga “Sang Penandai” semuanya mempunyai penuturan yang memang lain dari yang lain. Semuanya membuat pembaca untuk berpikir, merenung, sebelum akhirnya kita dapat mengambil sebuah kesimpulan. Untuk “The Gogons James & The Incredible Incidents” saat ini memang sedang saya baca. Novel ini mengisahkan kisah persahabatan 6 orang cowok yang dipertemukan saat mereka masih menjadi mahasiswa baru hingga akhirnya satu persatu mulai terpisahkan oleh sang waktu.

Buku 4 : Chrisye : Sebuah Memoar Musikal
Musisi yang satu ini memang sudah menjadi legenda di dunia musik Indonesia. Dengan suara yang khas dan gaya yang cenderung diam ketika berada di panggung, membuat Chrisye memang layak untuk dikenang sampai kapanpun. Sampai kapanpun lagu-lagu Chrisye tetap enak didengar di telinga dan tak kan pernah bosan. Buku ini memang menjadi sebuah memoar dari perjuangan seorang Chrisye ketika mulai merintis karir di dunia musik hingga saat akhirnya kanker paru-paru merenggut nyawanya.

Puas ketika akhirnya bisa memiliki beberapa buku yang selama ini memang sudah menjadi keinginan. Setidaknya bisa nambah koleksi buku-buku yang ada di kamar. Dan bisa menjadi bahan bacaan yang menyemangati ketika lagi down.

Ayo baca…


7 thoughts on “nambah koleksi buku

  1. beberapa buku yang saya beli akhir-akhir ini:

    1. filsafat demokrasi (hendra nurtjahjo)
    2. theory of justice (john rawls)
    3. manajemen kota dan wilayah (mulyono sadyohutomo)
    4. peran intelektual (edward said)
    5. cendekiawan dan politik (kumpulan artikel)
    6. kyai bejo, kyai untung, kyai hoki (emha ainun nadjib)
    7. beberapa buku tentang agraria

  2. haloo,
    novel the gogons nya masih ada?
    orang yg gue sayang lagi ngidam soalny,hehe
    nyari kemana2 nggak ada,smoga disini ada
    mohon balesannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s