my new compaq v3725au

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan nabung keturutan juga buat beli laptop dari hasil keringat sendiri. Satu dari sekian wishlist yang saya buat tercapai sudah. Setelah beberapa waktu berpikir untuk antara memilih laptop ini, itu, dan satunya lagi akhirnya saya memutuskan menjatuhkan pilihan kepada Compaq Presario V3725AU. Satu hal yang membuat saya jatuh cinta kepada Compaq adalah bentuk yang stylish dan warna hitam yang elegan. Walaupun demikian tetap punya kemampuan yang mumpuni, setidaknya itu yang sudah saya baca di forum-forum diskusi.

Laptop ini menggunakan processor AMD Turion 64 X2 yang memang lebih handal untuk meng-handle multimedia dan games, berbeda dengan processor Intel Core 2 Duo yang punya kelebihan untuk proses komputasi atau programming. Karna memang kebutuhan saya lebih dalam hal multimedia dan game serta kerjaan di kantor pun jarang melibatkan proses komputasi, maka saya pun memilih laptop based-on AMD Turion 64 X2.

Dengan perpaduan memory 1024 MB dan Windows Vista Home Basic yang jadi satu bundle dalam pembelian cukup menjadikan laptop ini bisa optimal, meskipun menurut saya akan lebih optimal jika memory ditambah 1024 MB lagi, karna untuk menjalankan Windows Vista saja tanpa membuka program apapun sudah menghabiskan lebih dari 500 MB. Inilah salah satu kekurangan Windows Vista, dengan tampilan yang memang sangat menarik tapi harus dibayar dengan resource memory yang sangat banyak.

Ketika saya coba downgrade ke XP SP2 agar memory 1024 MB lebih optimal, proses instalasi memang berjalan mulus, namun ketika selesai ternyata hanya video card saja yang terbaca, sedangkan perangkat-perangkat yang lain sebagian besar tidak berjalan. Saya coba telusuri di situs resmi HP pun, ternyata hanya disediakan driver untuk Windows Vista, sedangkan untuk Windows XP hanya disediakan driver universal saja. Usut punya usut, kebanyakan laptop Compaq model terbaru memang didesain untuk Windows Vista. Dan memang, ketika saya recover ke Windows Vista Home Basic semua hardware berjalan dengan baik. Ada-ada aja nih Mr. Gates feat Compaq!!!

Untuk kualitas speaker pun terbilang sangat bagus menurut saya. Dengan speaker Altec Lansing terintegrasi membuat suara yang terdengar jernih dan cukup keras. Saya kira sama bagusnya dengan Dolby yang ada di Acer, tapi tetep Altec Lansing feat Compaq lebih bagus.

Sampai saat ini, semua hardware maupun software berjalan dengan sangat baik meskipun sempat mengalami blue screen ketika proses instalasi Ethernet Card yang salah. Namun kini semua sudah terselesaikan dengan baik, dan laptop pun berjalan mulus dan lancar di atas sistem operasi Windows Vista.

Saya pun menjadikan laptop saya dual sistem operasi, yaitu perpaduan Windows dan Linux. Di satu bagian inilah yang masih bermasalah. Untuk Linux, saya menggunakan OpenSuse 10.2 yang nantinya akan saya jadikan sebagai DNS Server untuk menyelesaikan amanah saya yang satu itu. Instalasi OpenSuse 10.2 berjalan mulus tanpa ada error, cuma masalahnya kebanyakan hardware tidak otomatis terkonfigurasi. Sepertinya harus dicari dulu driver-nya dan dikonfigurasi manual. Sampai saat postingan ini ditulis, saya masih melakukan troubleshooting terhadap permasalahan tersebut, dan saya tidak akan menyerah sampai OpenSuse 10.2 berjalan baik di laptop saya. ***mode SEMANGAT PANTANG MENYERAH on!!

Berikut spek lengkap dari Compaq Presario V3725AU :

  • Processor Type : AMD Turion™ 64 X2 Dual-Core Mobile Technology TL-58 1.90 GHz, 512 KB + 512 KB L2 Cache, Up to 1600 MHz system bus running at AC/DC mode 35 Watt
  • Operating System Installed : Genuine Windows Vista® Home Basic
  • Standard Memory : 1024 MB (1×1024 MB)
  • Memory Type : DDR2 667 MHz
  • Internal Hard Disk Drive : 120 GB SATA 5400 RPM
  • Optical Drive : SuperMulti 8X DVD±R/RW with Double Layer Support
  • Memory Card Device : 5-in-1 integrated Digital Media Reader for Secure Digital cards, MultiMedia cards, Memory Stick, Memory Stick Pro, or xD Picture cards
  • Modem : High speed 56K modem
  • Network Interface : Integrated 10/100BASE-T Ethernet LAN
  • Wireless Technologies : 802.11a/b/g WLAN
  • Wireless Capability : Bluetooth® wireless networking
  • External I/O Ports : 3 USB 2.0, VGA, RJ-11, RJ-45, TV-Out (S-video), Expansion Port 3, Headphone out, Microphone in, IEEE 1394 Firewire, Consumer IR, AC adapter
  • Video Capture Interface : IEEE 1394 Interface
  • Expansion Slots : One ExpressCard/54 slot (also supports ExpressCard/34)
  • Display Size : 14.1” WXGA High-Definition HP BrightView Widescreen Display
  • Display Resolution : 1280 x 800
  • Video Adapter : NVIDIA® GeForce™ Go 7150M
  • Video RAM : Up to 287MB Total Available Graphics Memory
  • Speakers and Microphone : Altec Lansing® speakers
  • Keyboard : 101 key compatible keyboard with 1 Quick Launch Button
  • Pointing Device : Touch Pad with On/Off button and dedicated vertical and horizontal Scroll Up/Down pad
  • Power Supply Type : 65 W AC Power Adapter
  • Weight : 2.45 kg
  • Dimensions (W x D x H) : 33.4 cm (L) x 23.7 cm(W) x 2.6 cm (min H) / 3.9 cm (max H)
  • Warranty Statement : 1 year, parts and labour

Welcome to my world…my new Compaq Presario V3725AU !!


14 thoughts on “my new compaq v3725au

  1. bro, gua juga baru beli v3725au, kalau boleh tu dimana saja bisa d/l chipster drivernya ? gua kewalahan nich cari chipset drivernya setelah downgrade ke xp … thanks

  2. mas n temn2 tolong dong beritahu q dimana bisa mendapatkan driver compaq presario 3725AU windows xp….
    karna saya dh cari kemana2 tp gk bisa terutama audiox….pleasa help me
    send to dodi_imuet@yahoo.com
    thank…my friend

  3. mas sama juga nie problemnya kaya yg diatas, minta dunk driver COMPAQ PRESARIO V3725AU (AMD) for XP, keliling udah cari drivernya ga dapet2, jadi tambah pusing, klo ada tempat downloadnya drivernya yg lengkap dimana ya, ni email aq, wirayoe@yahoo.co.id, thanks

  4. bos.. mau tanya.. laptop saya juga V3725AU.. saya downgrade ke XP.. kan otomatis C: nya gw format.. nahh.. pas itu.. semua drivernya kaga jalan, gw pengen recover.. dan ternyata gw kaga bisa recover… terpaksa gw install manual.. gw donlot driver drivernya dari compaq langsung dan ternyata kaga ada 1 pun yang bisa di install… gw puyeng banget nih boss… tolongin.. klo ada saran atau petunjuk, tolong bales ya bos.. gw udah pusing banget nih… btw punya driver buat XP nya nggak??

  5. Halo Mas Goen,

    Saya tidak sengaja menemukan posting ini saat sedang mencari-cari referensi untuk laptop saya, yang ternyata sama-sama Compaq Presario v3725 seperti yang Mas Goen bahas di sini. Lucunya, tanggal belinya pun cuma selisih 5 hari.

    Karena pekerjaan yang makin wara-wiri, sekarang ini saya sedang cari-cari modem mobile supaya bisa online dari mana saja. Mungkin Mas Goen punya saran atau bisa sharing pengalaman, modem GSM apa yang cocok untuk laptop itu?

    Terima kasih sebelumnya!

Leave a Reply

